Langsung ke konten utama

TIPS MEMBANGUN KEDISIPLINAN

Tidak ada masa depan gemilang tanpa sebuah kedisiplinan. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan masa depan yang cerah, tak ada kata lain selain harus terus melatih kedisiplinan diri. Berikut beberapa tips dalam membangun kedisiplinan dikutip by www.tipspengembangandiri.com

1. Jangan Tunggu Motivasi Datang

Melatih disiplin harus datang dari hati Anda sendiri. Jangan tunggu digerakkan atau mendapat motivasi. Menunggu motivasi tidak akan membuat diri Anda bisa lebih disiplin.

2. Tahan Godaan

Saat Anda mulai melatih kedisiplinan, godaan pasti akan datang tak tertahan. Di sinilah akan terlihat sekuat apa niat Anda untuk bisa menjadi sosok yang disiplin.
Sebagai awal, jauhkan semua hal yang bisa menjadi godaan saat melatih kedisiplinan.
Sebagai contoh, jauhkan telepon seluler dari jangkauan dan pendengaran saat Anda bekerja. Matikan televisi atau apa pun yang bisa mengganggu fokus Anda terhadap pekerjaan.
Jauhkan keinginan Anda untuk memainkan ponsel atau remote TV.

3. Mulailah dari Hal Kecil

Sesuatu yang besar pasti dimulai dari hal kecil. Kedisiplinan bukan sesuatu yang bisa didapat secara instan.
Tidak bisa tercipta hanya dalam waktu satu malam, seperti permintaan Roro Jonggrang kepada Bandung Bondowoso untuk membangun seribu candi.
Maka itu, untuk bisa meningkatkan disiplin diri harus dimulai dari hal sederhana. Seperti disiplin dalam membuang sampah atau datang tepat waktu ke tempat bekerja.
Kedisiplinan Anda pasti akan meningkat secara otomatis ketika Anda sering melatihnya. Lakukan dalam banyak aspek di kehidupan Anda sehingga bisa mendapatkan masa depan yang bahagia.

4. Tetapkan Rutinitas Harian

Cara melatih disiplin bisa dimulai dengan menetapkan rutinitas harian. Misalkan saja, Anda menargetkan setiap hari akan bangun setiap pukul 4 pagi.
Setelah ditetapkan, lakukan upaya maksimal untuk bisa mewujudkannya. Jadikan target tersebut sebagai sebuah kebiasaan kunci.
Lama kelamaan rutinitas ini pasti akan Anda rasakan sebagai sebuah hal yang ringan dilakukan.

5. Fokus pada Target Jangka Panjang

Anda harus punya target dalam hidup yang Anda jalani. Baik target jangka pendek maupun jangka panjang.
Nah, salah satu cara dalam meningkatkan disiplin diri adalah dengan fokus kepada target jangka panjang.
Kenapa target jangka panjang? Karena target jangka panjang adalah sasaran yang tidak akan bisa Anda raih dalam waktu dekat.
Sehingga Anda pun terpacu menjaga motivasi untuk bisa mencapainya. Dan salah satu cara mencapainya adalah dengan melatih kedisiplinan.


Semoga tips di atas bermanfaat bagi para pembaca blog ini, terima kasih dan salam shelter..


Kami PT Shelter Nusa Indah sadalah salah satu perusahaan yang menanamkan jiwa kedisiplinan kerja pada karyawan kami serta memberikan pelayanan yang optimal terhadap
relasi kerja kami, silakan kunjungi profil kami di www.shelter.co.id 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 tips cara bekerja secara efisien dan produktif.

Dikutip dari Forbes, Kamis (1/11/2018) berikut adalah 5 tips cara bekerja secara efisien dan produktif. 1. Mulailah lebih dini Peluangnya adalah ketika pagi hari keadaan Anda masih segar, rumah masih keadaan tenang dan Anda tidak punya hal mendesak untuk dikerjakan dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan selama beberapa jam. Manfaatkan waktu ini untuk memulai lebih awal dan prioritaskan pada yang paling mendesak untuk hari itu. Gunakan kopi atau teh dan mulai bekerja. 2. Prioritaskan tugas Anda Satu-satunya cara untuk benar-benar bekerja secara efisien adalah memprioritaskan apa yang harus Anda lakukan untuk hari itu. Anda tidak harus mengerjakan hal-hal yang berat lebih dulu, karena Anda mungkin tidak bisa menyelesaikan apa yang perlu dilakukan hari itu jika Anda tidak benar-benar mengatur tugas Anda. 3. Mulailah dan jangan menunda Jangan menunda. Bagian yang paling menakutkan dari pekerjaan besar adalah permulaan, jadi mulailah. Jangan mengasah pada detil kecil yang ti...

Cara Membuat dan Merawat Kebun

Anda memutuskan untuk membuat kebun? Itu jauh lebih mudah daripada yang Anda bayangkan! Pertama-tama, tentukan apa yang hendak Anda tanam, kemudian siapkan lahan yang cocok untuk tanaman Anda. Pelajari soal perencanaan pembuatan kebun, mulailah bercocok tanam, dan lakukan perawatan yang benar. BERKEBUN   1 Cari tahu waktu yang tepat untuk bercocok tanam.  Ada aneka sayur, bunga, tanaman rempah, dan tanaman lain yang harus ditanam pada musim tertentu. Sebagian tanaman harus ditanam sebelum tanah membeku untuk terakhir kali pada tahun tersebut, sebagian setelah suhu menghangat melewati titik beku. Sebagian harus ditanam pada musim semi, sebagian lagi pada musim panas, dan ada juga yang mesti ditanam pada musim gugur. Perhatikan waktu ketika Anda mesti menanam tanaman yang Anda pilih. 2 Siapkan tanah.  Tandai ujung-unjung kebun dengan batu atau tanda lain untuk menunjukkan area kebun. Singkirkan batu, akar, ranting, dan gulma yan...

TIPS KERJA CERDAS

Dikutip dari http://blog.jobs.id     Berikut beberap tips dalam bekerja secara cerdas : 1. KETAHUI SEMUA PEKERJAAN YANG HARUS DISELESAIKAN Ada yang berkata bahwa 80% dari pencapaian kita datang dari 20% usaha yang kita lakukan. Kemudia bagaian mana dari pekerjaan kita yang paling berharga? Sekali kita mengidentifikasinya, fokuslah untuk meluangkan waktu dan energimu membuat kemajuan pada bagaian tersebut. Menentukan indikator kesuksesan yang tepat adalah dengan menentukan tugas mana yang harus dikerjakan lebih dulu. Inilah tiga dasar penentuannya: Periksa baik-baik metode strategi dan eksekusi dari perspektif tertentu. Kemudian, buat analisis tentang pengaruh pekerjaan tersebut bagi dirimu sendiri, timmu, dan customer. Akhirnya, evaluasi kemampuanmu dalam melakukan eksekusi, fokus pada aset dan kapabilitas yang dimiliki. 2. BATASI TUJUAN JANGKA PENDEK Sekali kita menetapkan tujuan jangka panjang, kita harus membaginya lagi. Misalnya kamu sudah menetapkan ta...