Dikutip dari Forbes, Kamis (1/11/2018) berikut adalah 5 tips cara bekerja secara efisien dan produktif.
1. Mulailah lebih dini Peluangnya adalah ketika pagi hari keadaan Anda masih segar, rumah masih keadaan tenang dan Anda tidak punya hal mendesak untuk dikerjakan dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan selama beberapa jam. Manfaatkan waktu ini untuk memulai lebih awal dan prioritaskan pada yang paling mendesak untuk hari itu. Gunakan kopi atau teh dan mulai bekerja.
2. Prioritaskan tugas Anda Satu-satunya cara untuk benar-benar bekerja secara efisien adalah memprioritaskan apa yang harus Anda lakukan untuk hari itu. Anda tidak harus mengerjakan hal-hal yang berat lebih dulu, karena Anda mungkin tidak bisa menyelesaikan apa yang perlu dilakukan hari itu jika Anda tidak benar-benar mengatur tugas Anda.
3. Mulailah dan jangan menunda Jangan menunda. Bagian yang paling menakutkan dari pekerjaan besar adalah permulaan, jadi mulailah. Jangan mengasah pada detil kecil yang tidak penting untuk membuatnya merasa seperti Anda sedang melakukan pekerjaan tanpa benar-benar melakukannya. Semakin cepat Anda memulai dan fokus, semakin cepat Anda selesai.
4. Buat jadwal yang fleksibel Jika sesuatu yang tidak terduga muncul, seperti pertemuan dadakan atau ada seseorang di kantor Anda membutuhkan lebih banyak perhatian daripada yang Anda perkirakan, persiapkanlah. Jadikan jadwal Anda fleksibel sehingga memberi Anda sedikit rentang untuk hal-hal seperti itu, dan membuatnya mudah untuk Anda mengerjakan sesuatu yang lain jika proyek tertentu terhenti atau Anda menunggu umpan balik.
5. Jadilah praktis Hal ini bukan berarti Anda tidak boleh ambisius, tetapi jika Anda gagal dalam daftar pekerjaan Anda setiap hari dan Anda merasa sudah melakukan yang terbaik, itu akan menjadai mengecewakan,dan mungkin akan membuat Anda menyerah.
Bijaklah dalam perkiraan waktu Anda, dan berapa lama Anda perlu menyelesaikan setiap tugas. Juga, berpikirlah tentang apa yang Anda katakan "ya" untuk setiap hal. Jika Anda memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan, jangan menerima tawaran sekedar minum kopi atau makan siang dengan teman atau rekan kerja, atau menjadi sukarelawan untuk sesuatu. Anda hanya akan lebih tertekan daripada yang sudah ada. Cerdaslah memastikan Anda memiliki waktu untuk menyelesaikan prioritas Anda untuk hari itu. Namun, jika memang masih punya waktu untuk melakukan kegiatan prioritas kecil Anda, selamat Anda hebat! Tetapi jangan sampai Anda kewalahan, bisa saja hal itu membuat Anda tidak kondusif untuk produktif.
#waktu
#managementwaktu #tipsmanagementwaktu
#sheltergroup
#shelternusaindah
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Manajemen Waktu Untuk Membantu Anda Lebih Produktif Bekerja", https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/01/074700726/5-tips-manajemen-waktu-untuk-membantu-anda-lebih-produktif-bekerja.
Penulis : Putri Syifa Nurfadilah
Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan
Komentar
Posting Komentar