7 Tanda Kalau Kamu adalah Karyawan yang Bertanggung Jawab
Berprofesi sebagai karyawan baik di BUMN ataupun swasta menjadi pilihan bagi sebagian orang. Ketika masuk dalam lingkup dunia pekerjaan banyak hal baru yang ditemukan oleh karyawan. Relasi antar karyawan pun menjadi hal yang harus diperhatikan demi terciptanya lingkungan pekerjaan yang nyaman.
Para karyawan membutuhkan lingkungan kerja yang nyaman dan tentu saja perusahaan juga punya tuntutan bagi karyawan. Karyawan diharapkan mampu memiliki tanggung jawab yang baik bagi perusahaan.
Nah, kebiasaan di bawah ini menunjukkan kalau kamu adalah salah satu dari karyawan yang bertanggung jawab.
1. Datang ke kantor tepat waktu
Cara ini harus kamu lakukan secara konsisten setiap hari dan pastikan kamu datang sebelum atasanmu. Secara tidak langsung atasanmu akan menilai bahwa setidaknya kamu punya tanggung jawab dalam hal sederhana.
Keuntungan yang lain ketika atasanmu dalam perjalanan dan membutuhkan bantuanmu untuk pekerjaan, kamu bisa diandalkan terlebih dahulu.
2. Punya inisiatif
Karyawan yang baik bukan hanya karyawan yang bisa menyelesaikan pekerjaanya, tapi juga bisa memberikan masukan untuk membantu pekerjaannya agar efektif.
Jangan pernah merasa nyaman dengan melakukan pekerjaan yang itu-itu saja dilakukan setiap hari, karena itu tidak akan meningkatkan kemampuanmu. Pastikan ada inovasi sederhana yang bisa kamu berikan bagi atasan dan perusahaanmu.
3. Jujur
Karyawan idaman pasti akan menjaga integritasnya dalam melakukan pekerjaan. Jika melakukan kesalahan tidak disembunyikan melainkan diselesaikan dengan rasa tanggung jawab.
Jangan ragu untuk berdiskusi dengan atasanmu jika melakukan kesalahan. Jadikan sifat jujur sebagai salah satu kebiasaan baikmu selama bekerja.
4. Totalitas
Bekerja secara totalitas bukan berarti harus kerja lembur setiap hari dikantor. Karyawan yang totalitas mengerti cara untuk mengatur semua pekerjaannya agar dapat terselesaikan dengan baik dengan hasil yang terbaik. Hasil dari pekerjaanmu secara tidak langsung akan menunjukkan kualitas dirimu.
5. Konsisten
Melakukan hal yang baik dan benar secara terus menerus merupakan ukuran bagi konsistensi dari seorang karyawan. Hasil dari pekerjaanmu tidak dipengaruhi oleh masalah pribadi yang mengganggu fokus dalam pekerjaan.
Sifat profesionalmu yang bisa konsisten bisa menjadikanmu sebagai karyawan yang disenangi oleh atasan. Jangan lupa juga untuk konsisten upgrade kemampuan yang kamu punya.
6. Memiliki etika yang baik
Memiliki kemampuan bekerja yang baik harus dibarengi dengan etika bekerja yang baik pula. Cara untuk berinteraksi dan menyampaikan pendapat dalam sebuah forum bisa dijadikan sebagai indikasi bagaimana etika seorang karyawan di sebuah perusahaan.
Memiliki relasi yang baik dengan orang di lingkungan pekerjaan akan banyak membantu.
7. Bisa bekerja dalam tim
Karyawan yang baik tidak akan menyimpan kemampuannya hanya pada dirinya sendiri. Seorang karyawan harus memiliki pemikiran terbuka untuk dapat membagikan apa yang telah didapatkan bagi tim yang bekerja dengannya sesuai dengan kebutuhan timnya. Keuntungannya adalah karyawan tersebut secara tidak langsung sudah berlatih untuk menjadi leader untuk jenjang karir selanjutnya.
Apakah kamu punya kebiasaan-kebiasaan di atas?
Life Career 20 Juni 2018
7 Tanda Kalau Kamu adalah Karyawan yang Bertanggung Jawab socialimpactarchitects.com
Tryana
Verified Writer
Tryana
https://www.idntimes.com/life/career/tryana/7-tanda-kalau-kamu-adalah-karyawan-yang-bertanggung-jawab-c1c2/full
Komentar
Posting Komentar