Dikutip by studentpreneur
Menjadi seorang pekerja, tentu Anda sudah tidak bisa bersikap
semaunya sendiri seperti halnya masih berstatus pelajar. Anda dituntut
untuk menjadi seorang karyawan yang bekerja secara profesional dengan
menyelesaikan tugas ataupun kewajiban yang diberikan oleh perusahaan.
Tidak sedikit orang-orang disekitar lingkungan kerja pun akan menilai
bagaimana attitude Anda selama di kantor. Pasalnya, perilaku selama di
kantor juga bisa mempengaruhi hubungan Anda dengan rekan kerja yang
lainnya. Oleh karena itu, kebiasaan seorang karyawan selama di kantor
pun juga akan menjadi cermin atau gambaran kredibilitas kerjanya
sehari-hari.
Berikut beberapa tips menjaga hubungan baik dengan rekan kerja
1. Mematuhi jam kerja
Tidak sedikit perusahaan yang menerapkan aturan sangat ketat bagi
karyawannya untuk membentuk sikap disiplin. Salah satunya adalah dengan
menentukan jam kerja yang cukup ketat untuk dipatuhi oleh setiap
karyawan. Bagi seorang pekerja profesional, ketepatan waktu adalah hal
yang sangat penting. Bahkan, ada kecenderungan penilaiai negatif bagi
seorang yang datang terlambat ke kantor namun selalu pulang lebih awal.
Karyawan dengan tipe tersebut biasanya kurang teliti dan efektif dalam
bekerja walaupun bisa menyelesaikan semua pekerjaan yang diberikan
kepadanya. Oleh karena itu, sebagai seorang karyawan profesional
pastinya Anda tidak ingin menunjukkan sikap seperti itu kepada rekan
kerja Anda.
2.Jangan hanya bergaul dengan trouble maker
Setiap orang pasti memiliki sisi ‘nakal’ yang setiap saat bisa muncul
begitu saja sehingga seringkali ditemui seseorang yang dicap sebagai
bad boy. Dan banyak orang beranggapan bahwa menjadi bad boy akan
menjadikan seseorang terlihat lebih keren. Begitu pula saat sudah
bekerja, tentu ada beberapa rekan kerja Anda yang bertingkah laku
seperti itu. Tapi, ada juga mereka yang kebablasan hingga dirinya sampai
dijuluki dengan trouble maker. Ketika tahu bahwa ada rekan kerja Anda
yang seperti itu, sebaiknya Anda menjaga jarak agar orang lain yang
belum mengenal Anda juga tidak berpikiran bahwa Anda juga seorang
trouble maker. Tapi, jika Anda bergaul dengan karyawan yang memiliki
etos kerja baik maka besar kemungkinan nama baik Anda juga ikut
terangkat. Jadi, usahakan saat berada di kantor Anda bisa berteman
dengan siapa saja. Bukan hanya dengan karyawan berpredikat trouble maker
saja tetapi juga dengan mereka yang menjadi karyawan teladan.
Aktivitas kerja shelterians |
3.Menjalin hubungan dengan atasan
Sangat wajar sekali jika ada seorang karyawan yang terlihat memiliki
hubungan dekat dengan atasannya. Hal tersebut akan sangat dimungkinkan
memangkas hubungan yang kaku antara pimpinan dengan karyawannya. Dalam
hal-hal tertentu, tidak ada salahnya untuk bersikap friendly dengan
seorang atasan dan bukan hanya bersikap formal layaknya ada jurang
pemisah yang tidak bisa disatukan. Namun yang perlu diingat adalah, saat
menjalin hubungan dengan atasan sebaiknya tetap memperhatikan
norma-norma yang ada. Artinya, jangan sampai hubungan dekat Anda dengan
atasan justru dinilai sebagai sebuah proses menjilat yang bisa membuat
karir meningkat.
4.Berhubungan baik dengan office boy
Jangan pernah meremehkan peran office boy yang jarang diperhatikan
oleh banyak karyawan di sebuah perusahaan. Tanpa mereka, Anda pun akan
mengalami kesulitan untuk melakukan hal-hal kecil yang sangat membuat
efektif dalam bekerja. Jika bisa menjalin hubungan baik dengan office
boy maka akan mudah tergambar karakteristik Anda. Oleh karena itu,
bersikap acuh dan meremehkan serta kurang sopan terhadap office boy juga
akan membuat orang lain akan memandang rendah Anda. Jadi, jangan sampai
Anda dinilai kurang baik oleh rekan kerja hanya karena tidak
mengacuhkan seorang office boy di kantor.
Komentar
Posting Komentar