Dikutip dari http://blog.jobs.id
Berikut beberap tips dalam bekerja secara cerdas :
Bagaimanapun, mempersempit tujuan dan target pada setiap kegiatan menjadi sebuah hasil akhir yang terukur akan membantu agar kita tidak menumpuk pekerjaan di akhir periode.
Studi menunjukkan bahwa rata-rata otak kita hanya mampu fokus selama 90 menit; dan kemudian kamu harus rehat selama 15 menit. Hal ini berdasarkan ritme ultradian. Dengan melakukan rehat setiap 90 menit kita bisa membiarkan otak dan tubuh refresh dan siap kembali produktif pada 90 menit selanjutnya.
visit our website www.shelter.co.id
Berikut beberap tips dalam bekerja secara cerdas :
1. KETAHUI SEMUA PEKERJAAN YANG HARUS DISELESAIKAN
Ada yang berkata bahwa 80% dari pencapaian kita datang dari 20% usaha yang kita lakukan. Kemudia bagaian mana dari pekerjaan kita yang paling berharga? Sekali kita mengidentifikasinya, fokuslah untuk meluangkan waktu dan energimu membuat kemajuan pada bagaian tersebut. Menentukan indikator kesuksesan yang tepat adalah dengan menentukan tugas mana yang harus dikerjakan lebih dulu. Inilah tiga dasar penentuannya:- Periksa baik-baik metode strategi dan eksekusi dari perspektif tertentu.
- Kemudian, buat analisis tentang pengaruh pekerjaan tersebut bagi dirimu sendiri, timmu, dan customer.
- Akhirnya, evaluasi kemampuanmu dalam melakukan eksekusi, fokus pada aset dan kapabilitas yang dimiliki.
2. BATASI TUJUAN JANGKA PENDEK
Sekali kita menetapkan tujuan jangka panjang, kita harus membaginya lagi. Misalnya kamu sudah menetapkan target lima tahun kedepan. Target apa yang sudah ingin kamu capai pada satu tahun pertama? Contohnya: kamu akan membangun sebuah perusahaan baru. Perusahaan barumu ini akan meluncurkan sebuah produk yang unik. Tujuanmu setahun kedepan adalah membangun, mengkomersilkan, dan melakukan validasi pasar dari target audiens. Tiga puluh hari pertamamu mungkin saja hanya fokus pada menentukan tujuan produk, audiens produk, dan manfaatnya. Bagaimana dengan tiga bulan pertama? Mungkin kamu akan melakukan survey pasar, positioning, dan membangun versi pertama produkmu. Dan seterusnya.Bagaimanapun, mempersempit tujuan dan target pada setiap kegiatan menjadi sebuah hasil akhir yang terukur akan membantu agar kita tidak menumpuk pekerjaan di akhir periode.
3. BEKERJA SESUAI SIKLUS
Badan kita bekerja sesuai siklus. Ada waktu-waktu tertentu di mana kita akan sangat produktif, dan begitu juga sebaliknya. Cara paling efektif agar tetap produktif adalah dengan memahami siklus diri. Kapan waktu paling efektif untuk bekerja dan kapan waktu untuk istirahat. Usahakan untuk tidak membuat janji meeting pada jam-jam produktifmu.Studi menunjukkan bahwa rata-rata otak kita hanya mampu fokus selama 90 menit; dan kemudian kamu harus rehat selama 15 menit. Hal ini berdasarkan ritme ultradian. Dengan melakukan rehat setiap 90 menit kita bisa membiarkan otak dan tubuh refresh dan siap kembali produktif pada 90 menit selanjutnya.
visit our website www.shelter.co.id
Komentar
Posting Komentar