Langsung ke konten utama

TIPS WAWANCARA KERJA YANG BAIK



Beberapa Tips wawancara kerja dikutip dari

http://www.berjibaku.com :

1. Cari tahu profil perusahaan yang anda lamar.

Ada baiknya jika anda mencari tahu terlebih dahulu perihal profil tempat anda melamar sebelum jatuh waktunya wawancara kerja. Anda bisa melakukannya sehari sebelumnya dari berbagai sumber baik dari media maupun internet agar anda tidak terlihat bingung saat anda ditanya mengenai perusahaan yang anda lamar. Anda juga bisa menyampaikan pandangan pribadi anda mengenai perusahaan tersebut sebagai bentuk ketertarikan serta keseriusan anda untuk bisa bergabung di perusahaan yang anda lamar. 

2. Datanglah lebih awal.
Anda bisa datang 15-20 menit lebih awal untuk merapikan serta mempersiapkan diri anda. Dan jika anda mengalami keterlambatan, segera informasikan kepada pewawancara dengan menghubungi perusahaan tersebut.
3. Ucapkan salam.
Saat anda memasuki ruangan, ucapkanlah salam dengan intonasi suara yang tepat. Misalnya dengan ucapan salam "Selamat pagi Pak/Bu", atau anda bisa menambahkan kata-kata pamungkas "Senang bisa bertemu dengan anda" atau "Sebuah kehormatan bisa bertemu dengan anda". Kata-kata pujian atau complimentary merupakan kata-kata yang pasti setiap orang senang mendengarnya.
 
 
4. Jabat tangan.
Sodorkan tangan anda sekaligus perkenalkan diri anda. Genggam tangan pewawancara dengan hangat dan erat namun tidak terlalu keras tapi juga tidak terlalu lemah.
5. Jangan duduk sebelum dipersilahkan.
Tetap pada posisi anda, jangan langsung duduk sebelum anda dipersilahkan untuk duduk. Meskipun terkesan sederhana, namun pewawancara sesungguhnya bisa menilai attitude atau sikap anda dari hal tersebut. Duduklah dengan tegak namun santai dan tetap sopan sehingga anda bisa melakukan wawancara dengan rileks.
6. Tebarkan senyum dan lakukan kontak mata.

Tebarkan senyum hangat dan lakukan kontak mata kepada pewawancara. Kontak mata merupakan salah satu indikasi rasa percaya diri serta salah satu bentuk fokus perhatian dari anda yang diberikan kepada pewawancara.

7. Ceritakan diri anda dengan jujur.
 
Deskripsikan diri anda secara jujur dan terbuka dengan bahasa yang tepat. HRD pasti telah seringkali melakukan proses wawancara kerja, oleh karenanya seorang HRD yang berpengalaman pasti mengetahui saat anda berbicara jujur ataupun saat tengah berbohong.
8. Tunjukan antusiasme dan semangat.
Antusiasme adalah salah satu sikap yang bisa ditangkap oleh lawan bicara, dalam hal ini oleh pewawancara. Oleh karenanya antusiasme anda bisa menunjukan rasa ketertarikan anda terhadap posisi yang ditawarkan. Anda juga bisa menyampaikan ide-ide kreatif yang mungkin anda bisa lakukan jika anda nanti diterima. Utarakan ide-ide kreatif secukupnya saja dengan tidak menyebutkannya terlalu detail. Ide-ide yang anda lontarkan pastinya akan membuat pewawancara menjadi penasaran terhadap kemampuan serta ide-ide anda selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPS MENJAGA KESEHATAN MATA

Mata adalah salah satu indra yang sangat berpengaruh dalam kehidupan, melalui mata kita dapat melihat hal yang ada disekitar kita. Oleh sebab itu kita harus  merawat dan menjaga kesehatan mata, berikut beberapa tips mengenai menjaga kesehatan mata dikutip dari http://manfaatnyasehat.com : Jaga Jarak Biasanya, kita sering membaca buku dengan jarak yang tidak pernah kita perhatikan. Nah oleh karena itu, banyak sekali para pecinta buku yang memakai kacamata. Jarak yang paling ideal untuk menghindarkan mata dari resiko rabun dekat adalah 30 cm. Selain membaca buku, beraktivitas didepan komputer juga dapat menimbulkan kerusakan mata jika anda tidak mengatur jaraknya. Jarak yang benar untuk beraktivitas didepan komputer adalah 50 cm. Jangan Mengucek Mata Jika mata anda terasa gatal, jangan dikucek karena tangan anda belum tentu dalam keadaan yang steril. Untuk meredakan gatal tersebut, anda dapat menggunakan obat tetes mata yang banyak dijual di apotik. Dengan b...

Apa itu Integritas ?

Bayangkan jika Anda tidak dipercaya orang lain. Anda mungkin dicap sebagai pribadi yang jelek. Besar kemungkinan Anda juga akan terkucilkan karena dijauhi teman-teman Anda. Mengerikan, bukan? Nah, agar bayangan tersebut tidak menjadi kenyataan, Anda perlu memiliki integritas. Integritas adalah keselarasan antara apa yang Anda ucapkan dengan apa yang Anda lakukan. Soft skill ini penting karena akan membuat Anda dipercaya orang lain dalam kehidupan pribadi dan profesional. Kabar baik lainnya, Anda bisa meningkatkan integritas sehingga menjadi orang yang benar-benar bisa dipercaya. Untuk membantu Anda meningkatkan keterampilan tersebut, berikut 7 cara sederhana yang perlu Anda lakukan. 1. Tetapkan nilai-nilai diri Anda 2. Buat paradigma baru tentang uang 3. Jaga ucapan Anda 4. Katakan yang sejujurnya 5. Bertanggung jawab 6. Analisis setiap keputusan yang diambil 7. Bergaul dengan orang-orang yang berintegritas Menjadi orang yang berintegritas akan membantu Anda menj...

Lowongan Pekerjaan Posisi " Admin Inputor"

PT Shelter Nusa Indah membuka lowongan pekerjaan posisi " Admin Inputor" dengan kualifikasi sebagai berikut : Jenis Kelamin       : Wanita atau Pria Usia                       : Maksimal 22 tahun Pendidikan            : Minimal SMK  atau SMA  Kualifikasi khusus : Memiliki Nilai UNAS " Matematika" 8 ( delapam ) Penempatan          : PT Tensan  ( Wilayan Sidoarjo ) Gaji                       : UMK 2017  Kabupaten Sidoarjo Segera kirimkan CV dan berkas lamaran anda ke PT Shelter Nusa Indah di  Jl Semampir Selatan VA NO 18 , Surabaya atau langsung walk interview di kantor kami dengan alamat yang tertera di atas contact person : Bpk Nurhadi ( 081288899278 ) Penerimaan berkas paling lambat tanggal 22 Desember 2017 Visit our situs  www.shel...